Briket Tempurung Kelapa, Bisnis Yang Menjanjikan

Untuk saat ini masih jarang sekali penjual briket tempurung kelapa yang kita temukan, padahal produk ini akan sangat dibutuhkan sekali di masa depan. Mengingat kebutuhan bahan bakar minyak untuk energi sudah banyak yang di pakai untuk memenuhi kebutuhan manusia, maka nantinya briket tempurung kelapa ini dapat digunakan sebagai pengganti bahan bakar yang dibutuhkan oleh masyarakat. Keunggulan dari produk ini adalah:

1. HEMAT & EKONOMIS. Hasil Lab. SUCOFINDO menunjukkan , bahwa Briket Tempurung Kelapa yang berkualitas B ( khusus untuk rumah tangga, rumah makan / restauran , home industri dan lain-lainnya) produksi PT. Marga Okapallo memiliki kalori 6481/kg dan mudah terbakar, menghasilkan energi panas tinggi dan tahan lama sehingga secara ekonomis menggunakan Briket Tempurung Kelapa akan lebih hemat apabila dibandingkan dengan jenis bahan bakar lainnya.

2. AMAN &RAMAH LINGKUNGAN. Diolah tanpa menggunakan bahan kimia, pada saat digunakan abunya tidak berterbangan dan tidak berasap , tidak meninggalkan noda hitam pada peralatan yang digunakan ( alat-alat dapur dan lain-lainnya) tidak mengeluarkan bau menyengat / aroma tidak sedap yang dapat mengganggu aktifitas kerja kesehatan maupun lingkungan.

Untuk membuat briket tempurung kelapa tersebut ternyata mudah.

Alat dan bahan :

1.Tempurung kelapa
2.Tepung kanji
3.Air
4.Pipa paralon(bila diperlukan)

Cara membuat :

1.Tempurung kelapa dibakar sampai hangus, lalu ditumbuk sampai halus dan di ayak dengan ukuran lolos 50 mesh dan 70 mesh.
2.Buat adonan dari tepung kanji (air dengan tepung kanji).
3.Campur bubuk tempurung kelapa dengan adonan kanji.
4.Bentuk bola - bola kecil atau masukkan pipa paralon (dicetak agar bentuknya bagus).
5.Jemur diterik matahari kurang lebih 1 hari(sampai benar - benar kering.

Proses pembuatan briket adalah sebagai berikut :

1.Pengarangan
Serbuk gergaji dan tempurung kelapa dibuat arang dengan pengarangan manual (dibakar).
2.Pengayakan
Pengayakan maksud untuk menghasilkan arang serbuk gergajian dan tempurung kelapa yang lembut dan halus. Arang serbuk gergaji diayak dengan saringan ukuran kelolosan 50 mesh dan arang tempurung kelapa dengan ukuran 70 mesh.
3.Pencampuran media
Arang serbuk gergaji dan tempurung kelapa yang telah disaring selanjutnya dicampur dengan perbandingan arang serbuk gergaji 90 % dan arang tempurung kelapa 10 %. Pada saat pencampuran ditambah dengan lem kanji sebanyak 2,5 % dari seluruh campuran arang serbuk gergaji dan tempurung kelapa.
4.Pencetakan Briket Arang
Setelah bahan-bahan tersebut dicampur secara merata, selanjutnya dimasukkan ke dalam cetakan briket dan dikempa.

0 komentar: